Upaya Peningkatan Pembelajaran Bahasa Arab Maharotul Kalam dengan
Metode Mubasyaroh Pada Siswa Kelas VIII E Unggulan di MTsM2 Kedung Adem
Bojonegoro
Oleh: Genduk Nawang Wulan
09330098
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB
FAKULTAS HUMANIORA DAN BUDAYA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
2011
1. Judul
Upaya peningkatan pembelajaran bahasa arab maharohtul
kalam dengan metode mubasyaroh pada
siswa kelasVIII E unggulan di MTsM2 kedung adem bojonegoro
BAB I
Pendahuluan
A. Latar Belakang
Pada hakekatnya pelajaran bahasa arab
adalah pelajaran yang membosankan dan menjenuhkan, apalagi materi yang
bernuansa islami serta belajar bahasa asing yang mana bahasa tersebut bukan
bahasa ibu sehingga bahasa arab susah di mengerti oleh siswa kelas VIII E unggulan
MTsM2 Kedung adem Bojonegoro , yang
disajikan dengan metode menonton.
Akan tetapi fenomena yang terjadi mereka lumayan bisa memahami kosa kata dalam
bahasa arab akan tetapi, mereka susah
mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kebanyakan siswa malah
mengikuti pelajaran tersebut yang berdampak pada rendahnya siswa dalam memahami
dan berkomunikasi dengan berbahasa arab.
Sebagaiman penjelasan diatas maka ketepatan dalam memilih metode sangat
menentukan keberhasilan penggunaan metode pembelajaran kalam bahasa arab tersebut.
Oleh karena itu, seorang guru harus bisa memilih metode yang cocok untuk
peserta didiknya.dan juga adanya harapan dari lembaga dan para pendidik agar
siswa kelas VIII E ungulan di MTsM2 kedung adem mampu berkomunikasi dengan
menggunakan bahasa arab dengan baik dan benar maka metode mubasyaroh lah yang
cocok untuk pembelajaran bahasa arab.yang mana metode mubasyaroh menggunakan
bahasa arab langsung tanpa menggunakan bahasa lain sebagai medianya dan juga relatif
banyak menggunakan alat peraga; baik berupa media atau alat peraga yang di buat
sendiri.
Bertitik tolak pada latar belakang tersebut
dukungan dari beberapa pihak dan berbagai bentuk sangatlah di perlukan, oleh
karena itu peneliti ingin melaksanakan dampingan dalam bentuk bimbingan dengan
judul upaya peningkatan kemampuan maharotul kalam dengan metode mubasyaroh
kelas VIII E unggulan di MTsM2 Kedung adem Bojonegoro.
B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, dapat
diidentifikasikan masalah yang berhubungan dengan proses belajar bahasa arab:
yang meliputi proses pemilihan metode yang tepat, banyaknya anak kelas VIIIE
unggulan yang belum bisa menggunakan bahasa arab dalam berkomunikasi, kurangnya
sarana buku pembelajaran bahasa arab dll.
C. Rumusan masalah
Berdasarkan diskripsi di atas peneliti
merumuskan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimanakah cara guru bahasa arab meningkatkan kemampuan kalam bahasa
arab siswa kelas VIII E unggulan MTsM2 kedung adem ,sehingga siswa dapat
mengikuti pelajaran bahasa arab dengan aktif, kreatif dan menyenangkan serta
mereka mampu berkomunikasi dengan bahasa arab tersebut?
2. Apakah dengan metode mubasyaroh dapat meningkatkan kemampuan
berkomunikasi bahasa arab siswa kelas VIII E unggulan di MTsM2 kedungadem
bojonegoro ?
D. Tujuan
Penelitian
ini bertujuan agar siswa dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi bahasa arab
dengan baik dan benar, pemahaman serta
minat belajar bahasa arab dengan sadar dan menyenangkan.
E. Manfaat hasil belajar
Hasil penelitian ini di harapkan dapat memberi manfaat
kepada semua pihak, diantaranya bagi:
1. siswa
Siswa dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi serta
pemahaman terhadap bahasa arab .
2. guru
Bagi guru dapat menganalisis keberhasilan dalam mencapai
SKBM yang telah ditetapkan.
3.
sekolah
bagi sekolah dapat menciptakan output
sesuai dengan harapan dan tujuan pendidikan
BAB II
Kajian pustaka dan rancangan
tindakan
A. Kajian pustaka
Pengertian metode mubasyaroh
Metode mubasyaroh adalah suatu cara menyajikan materi
pelajaran asing di mana guru langsung menggunakan bahasa asing tersebut sebagai
bahasa pengantar, tanpa menggunakan bahasa anak didik sedikit pun dalam
mengajar. Jika ada suatu kata-kata yang sulit dimengerti anak didik, guru dapat
mengartikan dengan menggunakan alat peraga, mendemonstrasikan, menggambarkan
dan lain-lain.(metodologi pembelajaran bahasa arab,h.ahmad izzan, M.ag).
Metode ini juga lahir sebagai reaksi terhadap
penggunaan metode nahwu wa tarjamah yang mengajarkan bahasa yang mati.dan
sebelumnya sejak tahun 1850 telah banyak muncul propaganda yang mengampanyekan
agar menjadikan pengajaran bahasa asing itu hidup, menyenangkan dan efektif.
(pembelajaran bahasa arab ,pendekatan, metode, strategi,materi, dan media,
abdul Hamid, uril baharuddin, bisri musthafa).
Dalam rangka mencapai tujuan kegiatan PTK peneliti
merujuk pada konsep pembelajaran bahasa arab yang aktif, kreatif agar siswa mau dengan
senang hati dan penuh kesadaran untuk mempelajari bahasa arab.dan juga
menggunakan beberapa model pembelajaran dalam metode mubasyaraoh yaitu:
-
Muhadasah
-
Khitobah
-
Mufrodat dll
Tapi peneliti disini akan membahas tentang
muhadasah karena ketika saya mengamati di MTsM2 kedung adem bojonegoro memakai
muhadasah dalam pembelajaran bahasa arab
Al-muhadatsah
Pelajaran
muhadatsah merupakan pelajaran bahasa arab yang pertama-tama diberikan.
Muhadatsah yaitu cara menyajikan bahasa pelajaran bahasa arab melalui
percakapan, dalam percakapan itu dapat terjadi antara guru dan murid dan antara
murid dengan murid, sambil menambah dan terus memperkaya perbendaharaan
kata-kata (vocabulary) yang semakin banyak.
Pengayaran muhadatsah ini
bertujuan untuk:
Pertama, melatih lidah anak didik agar terbiasa
dan fasih bercakap-cakap (berbicara) dalam bahasa arab.
Kedua, terampil berbicara dalam bahasa arab
mengenai kejadian apa saja dalam masyarakat dan dunia internasional apa yang ia
ketahui.
Ketiga, mampu
menerjemahkan percakapan orang lain lewat telepon, radio, tape recoder
dan lain-lain.
Keempat, menumbuhkan rasa cinta dan menyenangi
bahasa Arab dan Alquran, sehingga timbul kemauan untuk belajar dan
mendalaminya.
Rencana
tindakan
Adapun
rencana tindakan yang akan dilakukan dalam penelitian ini:
1. Perencanaan
-
Mempersiapkan materi kelas unggulan
-
Menentukan stándar penilaian
-
Mempersiapkan instrumen yang diperlukan
dalam penelitian
2. Tindakan
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran kepada
siswa
-
Menerapkan metode mubasyaroh
Dengan langkah-langkah sebagai berikut:
Pertama . Guru
membuka pelajaran dengan lagsung berbicara dengan bahasa arab, mengucapkan
salam dan bertanya mengenai pelajaran saat itu. Siswa menjawab pertanyaan
dengan bahasa arab. Demikian guru meneruskan pertanyaan-pertanyaannya dan
sesekali memberi perintah.
Kedua.
Pelajaran berkembang di seputar sebuah gambar yang menjadi media untuk
mengajarkan mufrodat (kosakata). Berbagai tindakan dan objek
didiskusikan sesuai dengan kegiatan yang terpampang dalam gambar.guru
mendemontrasikan konsep yang belum jelas (abstrak) dengan cara
mengulang-ulang sampai seluruh siswa
memahaminya. Kemudian siswa mengulangi kata-kata dan ungkapan-ungkapan baru
serta mencoba membuat kalimat sendiri sebagai jawaban terhadap pertanyaan guru.
3. Pengamatan
Peneliti menggunakan metode observasi dan mengamati dari awal hingga
akhir dari aspek yang telah ditentukan.
4. Refleksi
Dari hasil penelitian tersebut data dievaluasi sehingga dapat ditentukan
dan diukur keberhasilan atau kegagalan sehingga dengan itu dapat dilakukan
upaya-upaya selanjutnya, untuk mencapai apa yang menjadi tujuan semula.
BAB
III
Metodologi
penelitian
A. Jenis penelitian
kualitatif yang menekankan pada metode
penelitian observasi di lapangan dan datanya dianalisa dengan cara
non-statistik meskipun tidak selalu harus menabukan penggunaan angka metode ini
lebih menekankan pada penggunaan diri si peneliti sebagai objek.
B. Análisis Data
Diskrptif kualitatif ini merupakan penelitian yang
benar-benar hanya memaparkan apa yang terjadi atau terjadi dalam sebuah kancah,
lapangan, atau wilayah tertentu.
C. Teknik Pengumpul Data
Observasi adalah alat pengumpul data yang dilakukan
cara mengamati dan mencatat secara sistematik gejala-gejala yang diselidiki.
D. Sumber Data
Person. yaitu sumber
data yang bisa memberikan data berupa jawaban lisan melalui wawancara atau
jawaban tertulis melalui angket.
E.
Instrument
Tes
dengan cara kuesioner
BAB
IV
Daftar Pustaka
Hamid Abdul dkk, Pembelajaran Bahasa Arab,Pendekatan,Metode,Strategi,Materi
dan Media,UIN Malang Press,2008
Izzan ahmad, Metodologi Pembelajaran Bahasa Aarab,Humaniora,2009
Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis,Rineka
cipta,2010
Narbuko cholid dkk, Metodologi Penelitian, bumi aksara2010
Uhbuyah, Nur. Ilmu pendidikan islam(ipi). Bandung,pustaka
setia 1998.hal.193
0 komentar:
Posting Komentar